Jumat, 10 Desember 2010

Psikologi Pendidikan


Ditulis Oleh : Eka Yanuarti

Pengertian pendidikan yaitu :
1.   Pendidikan secara etimologi berasal dari bahasa yunani, terdiri dari kata “PAIS”, artinya anak, dan “AGAIN” diterjemahkan membimbing, jadi paedagogie yaitu bimbingan yang diberikan kepada anak  (Abu ahmadi dan Nur Uhbiyati, 2003:68).
2.   Sedangkan Pendidikan dalam bahasa Inggris dengan istilah education yang berarti pengembangan atau bimbingan sementara dalam bahasa Arab dikenal dengan istilah tarbiyah  yang disebut dengan pendidikan (Akmal Hawi, 2006:49).
3.   Dalam kamus besar bahasa Indonesia (1991:232) Pendidikan adalah proses pengubahan sikap dan tata laku seseorang atau kelompok orang dalam usaha mendewasakan manusia melalui upaya pengajaran dan pelatihan: proses, perbuatan, cara mendidik.
4.   Menurut UU No.20 tahun 2003 tentang sistem Pendidikan Nasional, Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara.
5.   Menurut Moertimer J. Adler mengartikan : Pendidikan adalah proses dengan mana semua kemampuan manuasia (bakat dan kemapuan yang diperolehnya) yang dapat dipengaruhi oleh pembiasaan, disempurnakan dengan kebiasaan-kebiasaan yang baik melalui sarana yang secara artistik dibuat dan dipakai oleh siapa pun untuk membantu orang lain atau dirinya sendiri mencapai tujuan yang ditetapkan, yaitu kebiasaan yang baik.(Muzzayyin arifin, 2003:113).
6.   Menurut Rupert C. Lodge menyatakan bahwa dalam pengertian yang luas pendidikan itu menyangkut seluruh pengalaman. Orang tua mendidik anaknya, guru mendidik muridnya, tuan mendidik anjingnya. Semua yang kita sebut atau kita lakukan dapat disebut mendidik, begitu juga yang dikatakan dan dilakukan oleh selain kita dapat disebut juga mendidik. Dalam pengertian yang luas ini kehidupan adalah pendidikan dan pendidikan adalah kehidupan (Ahmad Tafsir,2001:5)
7.   Soegarda Poerwakawatja (1976:214) menguraikan bahwa pengertian pendidikan dalam arti yang luas sebagai semua perbuatan dan usaha dari generasi tua untuk mengalihkan pengetahuan dan pengalaman, kecakapan, dan keterampilannya kepada generasi muda, sebagai usaha menyiapkan generasi muda agar dapat memahami fungsi hidupnya baik jasmani maupun rohani.
8.   Dalam pandangan John Dewey, pendidikan adalah sebagai proses pembentukan kemampuan dasar yang fundamental, yang menyangkut : daya pikir (intelektual) maupun daya rasa (emosi) manusia (Arifin,1987:1)
9.   Al-Saybani,(1979:399) menjelaskan bahwa pendidikan adalah usaha mengubah tingkah laku individu dalam kehidupan pribadinya sebagai bagian dari kehidupan masyarakat dan kehidupan alam sekitar.
10.  Pendidikan diartikan sebagai suatu proses usaha dari manusia dewasa yang telah sadar akan kemanusiaanya dalam membimbing, melatih, mengajara dan menanamkan nilai-nilai dan pandangan hidup kepada generasi muda, agar nantinya menjadi manusia yang sadar dan bertanggung jawab akan tugas-tugas hidupnya sebagai manusia, sesuai dengan sifat hakiki dan ciri-ciri kemanusiaanya (Jalaludin dan Abdullah Idi,2009 : 21-22)
         Jadi dapat disimpulkan bahwa Pendidikan berarti suatu proses untuk mengembangkan semua aspek kepribadian manusia, yang mencakup pengetahuannya, nilai dan sikapnya, serta keterampilannya.

Pengertian Psikologi :
1.         Psikologi merupakan sebuah istilah yang berasal dari bahasa Inggris yaitu “Psychology” istilah ini mulanya berasal dari kata “Psyche” dalam bahasa Yunani yang berarti roh jiwa atau daya hidup dan “Logos” yang berarti ilmu jiwa. Jadi secara harfiah psikologi berarti ilmu jiwa.(Desmita,2007:1)
2.         Dalam Ensiklopedia Pendidikan, Poerbakawatja dan Harahap (1981) membatasi arti psikologi sebagai “Cabang ilmu pengetahuan yang mengadakan penyelidikan atas gejala-gejala dan kegiatan-kegiatan jiwa tersebut meliputi respons organisme dan hubungannya dengan lingkungan.
3.         Menurut George A. Miler psikologi adalah ilmu yang berusaha menguraikan, meramalkan, dan mengendalikan peristiwa mental dan tingkah laku manusia.(Ahmad Mubarok,1999:18)
4.         Psikologi menurut Jhon Watson yang dikutip oleh Abdul Majid dan Jusuf Mudzafir(2001:1) adalah ilmu pengetahuan tentang organisme, seperti perilaku kucing terhadap tikus, perilaku manusia terhadap sesamanya, dan lainya.
5.         Psikologi menurut Wilhelm Wundt yang oleh Abdul Majid dan Jusuf Mudzafir(2001:1) adalah ilmu pengetahuan tentang kehidupan mental, seperti pikiran, perrhatian, persepsi, intelegensi, kemauan dan ingatan.
6.         Psikologi menurut Robert S. Wood-Worth yang dikutip oleh Kartini Kartono        (     ) adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari semua tingkah laku dan perbuatan individu, dalam mana individu tersebut tidak dapat dilepaskan dari lingkungannya. Peaksanaan secara ilmiah dari pada psikologi dilakukan dengan jalan: mengumpulkan dan mencatat secara teliti tingkah laku manusia selengkap mungkin, dan berusaha menjauhkan diri dari segala prasangka. Sehingga orangg mendapatkan jawaban terpercaya mengenai berbagai pernytaan teoritis dan praktis.
7.         Psikologi menurut Mc. Dougall pada abad ke 20 dalam buku Kartini Kartono       (     ) adalah ilmu pengetahuanyang mempelajari tingkah laku manusia atau human behaviour. Karena itu psikologi digolonggkan dalam aliran behaviourism. Aliran ini diawali oleh tokoh-tokoh Mac Dougall, Thorndike, dan Watson dari Amerika Serikat dan A. Pavlov serta Von Bechetrew dari Rusia.
8.         Chaplin (1972) mengartikan Psikologi ialah ilmu pengetahuan mengenai prilaku manusia dan hewan, juga penyelidikan terhadap organisme dalam segala ragam kerumitannya ketika bereaksi arus dan perubahan alam sekitar dan peristiwa-peristiwa kemasyarakan yang mengubah lingkungan).
9.          Psikologi adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari tingkah laku lahiria manusia dengan menggunakan metode observasi secara objektif, seperti terhadap rangsangan (stimulus) dan jawaban (respon) yang menimbulkan tingkah laku.(Ahmad Mubarok,1999:17)
10.     Psikologi menurut aliran psikologi dalam (Freudalisme) ialah ilmu yang mempelajari baik gejala-gejala kesadaran maupun gejala-gejala ketidaksadaran, serta gejala-gejala di bawah sadar.(Kartini Kartono,          )
Dari beberapa pengertian para ahli diatas dapat disimpulkan Psikologi adalah ilmu pengetahuan yang menyelidiki dan membahas tingkah laku terbuka dan tertutup pada manusia, baik selaku individu maupun kelompok, dalam hubungannya dengan lingkungan. Lingkungan dalam hal ini meliputi semua orang, barang, keadaan dan kejadian yang ada di sekitar manusia.

Pengertian Psikologi pendidikan :
1.            Psikologi Pendidikan adalah ilmu pengetahuan yang mempelajari tingkah laku yang terjadi dalam proses pendidikan.(Wasty Soemanto,2003:8)
2.            Menurut tardif (1987) yang dikutip oleh M.Dalyono,2009:7) Psikologi Pendidikan adalah sebuah bidang studi yang berhubungan dengan penerapan pengetahuan tentang perilaku manusia untuk usaha-usaha kependidikan.
3.            Witherington dalam bukunya Education Psychologi terjemahan M. Buchori (1987) Psikologi Pendidikan adalah studi sistematis tentang proses-proses dan faktor-faktor yang berhubungan dengan pendidikan manusia.
4.            Psikologi Pendidikan adalah menguraikan kegiatan-kegiatan manusia dalam hubungannya dengan situasi pendidik, misalnya bagaimana cara belajar, bagaimana cara menarik perhatian, dll.(Baharudin,2007:27)
5.            Secara sederhana Barlow mendefinisikan Psikologi Pendidikan adalah sebua pengetahuan berdasarkan riset psikologi yang menyediakan serangkaian sumber-sumber untuk membantu dan melaksanakan tugas sebagai seorang guru dalam proses belajar mengajar secara lebih efektif.(M.Dalyono:2009:7)
6.            Psikologi Pendidikan ilmu pengetahuan yang membicarakan tentang tingkah laku individu dalam situasi pendidikan.(M.Dalyono:2009:9).
7.            Psikologi Pendidikan adalah studi, latihan atau bimbingan yang sistematis terhadap proses dan faktor-faktor yang berhubungan dengan ilmu kejiwaan.(http://www.anneahira.com/artikel-pendidikan/psikologi-pendidikan.htm)
8.            Psikologi pendidikan adalah cabang psikologi yang secara khusus mengkaji tentang berbagai perilaku individu dalam kaitan dengan situasi pendidikan. Tujuan dari psikologi pendidikan adalah menemukan berbagai fakta, generalisasi, teori psikologi yang berkaitan dengan pendidikan untuk digunakan dalam upaya melaksanakan proses pendidikan yang efektif. (http://apadefinisinya.blogspot.com/2009/01/sepintas-psikologi-pendidikan.html)
9.            Psikologi pendidikan adalah perkembangan dari psikologi perkembangan dan psikologi sosial, sehingga hampir sebagian besar teori-teori dalam psikologi perkembangan dan psikologi sosial digunakan di psikologi pendidikan. Psikologi pendidikan mempelajari bagaimana manusia belajar dalam setting pendidikan, keefektifan sebuah pengajaran, cara mengajar, dan pengelolaan organisasi sekolah.
         (http://id.wikipedia.org/wiki/Psikologi)
10.        Menurut Ensiklopedia Amerika, Psikologi Pendidikan adalah ilmu yang lebih berprinsip dalam proses pengajaran yang terlibat dengan penemuan – penemuan dan menerapkan prinsip – prinsip dan cara untuk meningkatkan keefisien di dalam pendidikan
            Dari berbagai pendapat para ahli di atas dapat ditarik kesimpulan Psikologi Pendidikan yaitu : ilmu yang membahas segi-segi psikologi dalam lapangan pendidikan. Dari sudut tingkah laku dan perbuatan manusia dalam segala macam situasi, maka psikologi pendidikan adalah studi ilmiah mengenai tingkah laku individu dalam situasi pendidikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar