KATA PENGHANTAR
Puji
syukur kami panjatkan khadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan
pertolongan –Nya, sehingga kami dapat menyelesaikan laporan individu KKN ini.
Shalawat dan salam kami sampaikan kepada nabi besar Muhammad SAW yang telah
membawa kebenaran kepada umat manusia.
Sehubungan
dengan pelaksanaan kuliah kerja nyata (KKN) IAIN Raden Fatah Palembang angkatan
52 tahun 2008 yang dilaksanakan tanggal sampai 28 Agustus 2008, maka kami
membuat laporan individu hasil kegiatan pelaksanaan KKN tersebut mulai dari
pengkajiaan sampai evaluasi.
Kami
menyadari bahwa dalam pembuatan laporan ini banyak mendapat dukungan dan
bantuan dan bimbingan dari berbagai pihak untuk itulah kami banyak menyampaikan
rasa terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu kami dalam penyusunan
laporan ini.
LAPORAN HASIL PENELITIAN
- Pendahuluan
Institut
Agama Islam Negeri Raden Fatah Palembang adalah lembaga pendidikan Islam tinggi
di Sumatera Selatan yang mengemban amanat pendidikan mahasiswa menjadi masyarakat
yang mampu mengemban nilia-nilai keilmuan serta mengamalkannya atas landasan
ahlakul kharimah, objektif, terbuka dan jujur dalam rangka meningkatkan
kualitas kehidupan beragam dan bermasyarakat.
Untuk
memenuhi dan merealisasikan itu IAIN Raden Fatah Palembang melakukan berbagai
kegiatan dalam bidang pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengabdian
masyarakat. Maka tahun ini 2008 M, IAIN Raden Fatah Palembang menyelenggarakan
program kuliah kerja nyata angkatan 52 yang bertempat di kabupaten Ogan Ilir, yaitu
di kecamatan Pemulutan Induk mulai tanggal 31 Juli sampai 28 Agustus 2008 M.
Dengan
KKN ini diharapkan mahasiswa dapat menyaksikan realita yang ada di
tengah-tengah masyarskat dan diharapkan mampu menerapkan teori-teori yang telah
didapat di bangku kuliahan dalam kehidupannya sehingga nantinya lulusan IAIN
Raden Fatah Palembang mampu berperan aktif dalam membangun bangsa serta
senantiasa dapat menyesuaikan diri dengan tuntunan kemajuan, perkembangan ilmu
pengetahuan dan perubahan social budaya serta kebutuhan masyarakat yang akan
datang.
Pendidikan
sangat penting bagi bangsa manapun karena melalui pendidikan ini disiapkan
sumber daya manusia yang berkualitas. Pembangunan fisik tanpa diikuti dengan
pembangunan mental maka hasilnya menjadi kurang sempurna.
Oleh
karena itu pembangunan fisik dan mental yaitu diantaranya pembangunan dibidang
pendidikan. Pembangunan pendidikan hendaklah dilakukan serentak dan seimbang.
Sekolah sebagai lembaga pendidikan mempunyai peranan penting dalam usaha
mendewasakan siswa sebagai anggota masyarakat. Untuk mencapai hal itu sekolah
melaksanakan kegiatan belajar mengajar serta administrasi sekolah.
Untuk
mendukung proses pembelajaran yang baik hendaknya sekolah mempunyai fasilitas
memadai dalam menunjang terlaksananya program pendidikan yang dicanangkannya.
Untuk
itu sesuai dengan bidang keilmuan saya yaitu pendidikan, saya akan mengangkat
tentang masalah fasilitas sekolah dalam menunjang proses belajar mengajar.
- Rumusan
Masalah
Berdasarkan
hal tersebut di atas maka dalam penelitian ini diperoleh rumusan dan masalah
sebagai berikut :
1.
Bagaimana pengaruh fasilitas sekolah dalam menunjang
hasil proses belajar mengajar di SDS Sinar Damai desa Ibul Besar II kecamatan Pemulutan
Induk kabupaten Ogan Ilir ?
2.
Apakah yang menjadi faktor yang mempengaruhi proses
belajar mengajar di SDS Sinar Damai desa Ibul Besar II kecamatan Pemulutan
Induk kabupaten Ogan Ilir ?
- Tujuan
Penelitian
Penelitian
ini dilakukan dengan tujuan :
1.
Untuk mengetahui seberapa penting fasilitas sekolah
dalam menunjang proses belajar mengajar di SDS Sinar Damai desa Ibul Besar II
kegiatan belajar mengajar di kecamatan Pemulutan Induk kabupaten Ogan
Ilir.
2.
Untuk mengetahui faktor-faktor apa yang menjadi
penunjang dan penghambat di SDS Sinar Damai desa Ibul Besar II
kegiatan belajar mengajar di kecamatan Pemulutan Induk kabupaten Ogan
Ilir.
- Pelaksanaan
Kegiatan
Penelitian
ini dilakukan di desa Ibul Besar II SDS Sinar Damai kecamatan Pemulutan Induk
kabupaten Ogan Ilir.
- Hasil
Penelitian
Berdasrkan
surve di lapangan yang saya lakukan selama mengikuti kegiatan KKN saya
berkonsentrasi terhadap pendidikan. Disini saya mengangkat fasilitas sekolah
sarana prasarana pendidikan sangat mendukung terhadap kegiatan proses
pembelajaran dimana dengan adanya fasillitas sekolah yang memadai kegiatan
belajar mengajar akan dapat berjalan dengan efektif dan efisien sesuai dengan
tujuan yang diharapkan.
Adapun
hasil itu meliputi :
1. Gedung
sekolah
2. Ruang
perpustakaan
3. Tenaga
pengajar
Sebelum
berbicara langsung kepokok masalah kami akan menguraikan sedikit tentang
pendidikan yang ada didesa Ibul Besar II kecamatan Pemulutan Induk kabupaten
Ogan Ilir.
Pendidikan umum
:
- SDS 1 buah
- TK/TPA 3 buah
Itulah
uraian sedikit tentang sekolah di desa Ibul Besar II kecamatan Pemulutan Induk
kabupaten Ogan Ilir.
- Gedung
sekolah
Dilihat
secara umum gedung sekolah yang ada di desa Ibul Besar II sudah memenuhi syarat
akan tetapi masih ada kekurangan lokal dan juga keadaan sekolah sudah baik
namun sarana prasarana yang ada kurang memadai seperti sekolah, buku-buku
sekolah, perpustakaan, media yang digunakan dalam proses belajar mengajar.
Bangku
sekolah yang ada di SDS Sinar Damai sudah cukup memadai, namun dilihat dari
penerapannya disana setiap murid dalam mengikuti proses belajar mengajar mereka
duduk berdua dalam satu meja dan menggunakan kursi panjang. Menurut saya
idealnya yaitu setiap murid harus duduk berdua dalam satu bangku.
Dengan
duduk berdua dalam satu bangku mudah-mudahan mereka dapat mengikuti proses
belajar-mengajar dengan baik. Sehingga proses belajar mengajar tidak dapat
brjalan dengan baik dan mereka tidak mengerti apa yang disampaikan oleh guru kalau
bercerita dan ngobrol bersama teman sebangkunya.
- Ruang
perpustakaan
Ruang
perpustakaan di SDS Sinar Damai desa Ibul Besar II tidak ada padahal sebagai
lembaga pendidikan perpustakaan sngat penting karena perpustakaan merupakan
ajang kreasi siswa dalam menambah wawasan ilmu pengetahuaan.
- Tenaga
Pengajar
Guru
tenaga pengajar di SDS Sinar Damai desa
Ibul Besar II berjumlah orang
pengajar. kegiatan belajar mengajar di
kecamatan Pemulutan Induk kabupaten Ogan Ilir. Guru merupakan mediator dalam
menyampaikan materi pelajaran kepada murid sangat berperan penting bagi
kelangsungan menunjang keberhasilan murid dalam menerima keberhasilan pelajaran
yang disampaikannya. Dengan kata lain guru harus mempunyai kemampuan mengajar
yaitu metodologi, profesionalisme dan hal-hal yang dapat menunjang proses
pembelajaran.
Dengan
kata lain guru merupakan tulang punggung sekolah suksesnya murid tergantung
oleh keprofesionalanya guru dalam mengajar anak didiknya dan justru sebaliknya
kegagalan siswa tergantung juga kepada guru.
Adapun
faktor-faktor penunjang serta menjadi penghambat dalam proses belajar mengajar
di SDS Sinar Damai desa Ibul Besar
II kegiatan belajar mengajar di
kecamatan Pemulutan Induk kabupaten Ogan Ilir adalah:
- Faktor Penunjang
Yang menjadi
penunjang terlaksananya kegiatan proses belajar dilihat dari segi fasilitas
sekolah antara lain :
- Adanya kerjasama yang baik antara peserta didik dan guru.
- Adanya dukungan penuh semua lapisan masyarakat dalam memotifasi anak nya untuk bersekolah
- Adanya minat peserta didik untuk mengikuti proses belajar dengan baik.
- Faktor
Penghambat
Adapun
faktor penghambat dalam proses pembelajaran di SDS Sinar Damai desa Ibul Besar
II kecamatan Pemulutan Induk kabupaten Ogan Ilir :
- kurangnya sarana prasarana yang memadai : bangku, gedung kelas, gedung perpustakaan.
- Kurangnya media pembelajaran seperti buku, poster dan lain-lainnya.
- Tingkat ekonomi masyarakat yang rendah
Dengan
adanya pendukung dan penghambat dapat diketahui bahwasanya masalah utama dalam
proses belajar mengajar di SDS Sinar Damai adalah kurangnya sarana prasarana
sebagai penunjang proses belajar mengajar dengan kata lain fasilitas yang ada
disana akan lebih baik apabila adanya factor pendukung yang memenuhi syarat
oleh sebab itu harus ada kerjasama yang baik antara kepala sekolah dengan masyarakat, lembaga pemerintah, swasta
dan lembaga pendidikan lainnya.
Mudah-mudahan
dengan kerjasama yang baik maka proses belajar mengajar akan efektif serta
fasilitas-fasilitas yang kurang dapat dipenuhi sehingga akan menunjang proses
keberhasilan pendidikan.
- Penutup
Dari
uraian latar belakang di atas dapat disimpulkan bahwa yang menjadi permasalahan
utama adalah kurangnya fasilitas sekolah yang ada di SDS Sinar Damai.
Jadi
menurut kesimpulan kami, faktor penghambat dapat diminimalisir dan faktor pendukung
harus dioptimalkan. Dengan kata lain faktor pendukung harus berperan aktif
dalam menentukan tujuan pendidikan yang diharapkan.dengan manajemen faktor
pendukung dengan baik mudah-mudahan factor penghambat dapat berkurang dan
teratasi.
Oleh
karena itu sekolah harus berperan aktif dalam mengelolah sekolahnya dengan baik
agar pelaksanaan pendidikan dapat terjalani dengan baik sehingga anak-anak yang
dididik akan menjadi orang yang berkualitas internasional.
LAPORAN PRIBADI
KKN IAIN ANGKATAN 52
DESA IBUL BESAR II KECAMATAN PEMULUTAN
INDUK
KABUPATEN OGAN ILIR
DISUSUN OLEH
HIKMAWATI ( 0521063)
DOSEN PEMBIMBING LAPANGAN
Drs. Komarudin Sahar
INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI
RADEN FATAH
2008
Tidak ada komentar:
Posting Komentar