Senin, 13 Desember 2010

Laporan KKN

 
KATA PENGHANTAR
Puji syukur kami panjatkan khadirat Allah SWT yang telah memberikan rahmat dan pertolongan –Nya, sehingga kami dapat menyelesaikan laporan individu KKN ini. Shalawat dan salam kami sampaikan kepada nabi besar Muhammad SAW yang telah membawa kebenaran kepada umat manusia.
Sehubungan dengan pelaksanaan kuliah kerja nyata (KKN) IAIN Raden Fatah Palembang angkatan 52 tahun 2008 yang dilaksanakan tanggal sampai 28 Agustus 2008, maka kami membuat laporan individu hasil kegiatan pelaksanaan KKN tersebut mulai dari pengkajiaan sampai evaluasi.
Kami menyadari bahwa dalam pembuatan laporan ini banyak mendapat dukungan dan bantuan dan bimbingan dari berbagai pihak untuk itulah kami banyak menyampaikan rasa terimakasih kepada semua pihak yang telah membantu kami dalam penyusunan laporan ini.










LAPORAN HASIL PENELITIAN
  1. Pendahuluan
Institut Agama Islam Negeri Raden Fatah Palembang adalah lembaga pendidikan Islam tinggi di Sumatera Selatan yang mengemban amanat pendidikan mahasiswa menjadi masyarakat yang mampu mengemban nilia-nilai keilmuan serta mengamalkannya atas landasan ahlakul kharimah, objektif, terbuka dan jujur dalam rangka meningkatkan kualitas kehidupan beragam dan bermasyarakat.
Untuk memenuhi dan merealisasikan itu IAIN Raden Fatah Palembang melakukan berbagai kegiatan dalam bidang pendidikan dan pengajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat. Maka tahun ini 2008 M, IAIN Raden Fatah Palembang menyelenggarakan program kuliah kerja nyata angkatan 52 yang bertempat di kabupaten Ogan Ilir, yaitu di kecamatan Pemulutan Induk mulai tanggal 31 Juli sampai 28 Agustus 2008 M.
Dengan KKN ini diharapkan mahasiswa dapat menyaksikan realita yang ada di tengah-tengah masyarskat dan diharapkan mampu menerapkan teori-teori yang telah didapat di bangku kuliahan dalam kehidupannya sehingga nantinya lulusan IAIN Raden Fatah Palembang mampu berperan aktif dalam membangun bangsa serta senantiasa dapat menyesuaikan diri dengan tuntunan kemajuan, perkembangan ilmu pengetahuan dan perubahan social budaya serta kebutuhan masyarakat yang akan datang.
Pendidikan sangat penting bagi bangsa manapun karena melalui pendidikan ini disiapkan sumber daya manusia yang berkualitas. Pembangunan fisik tanpa diikuti dengan pembangunan mental maka hasilnya menjadi kurang sempurna.
Oleh karena itu pembangunan fisik dan mental yaitu diantaranya pembangunan dibidang pendidikan. Pembangunan pendidikan hendaklah dilakukan serentak dan seimbang. Sekolah sebagai lembaga pendidikan mempunyai peranan penting dalam usaha mendewasakan siswa sebagai anggota masyarakat. Untuk mencapai hal itu sekolah melaksanakan kegiatan belajar mengajar serta administrasi sekolah.
Untuk mendukung proses pembelajaran yang baik hendaknya sekolah mempunyai fasilitas memadai dalam menunjang terlaksananya program pendidikan yang dicanangkannya.
Untuk itu sesuai dengan bidang keilmuan saya yaitu pendidikan, saya akan mengangkat tentang masalah fasilitas sekolah dalam menunjang proses belajar mengajar.


  1. Rumusan Masalah
Berdasarkan hal tersebut di atas maka dalam penelitian ini diperoleh rumusan dan masalah sebagai berikut :
1.                  Bagaimana pengaruh fasilitas sekolah dalam menunjang hasil proses belajar mengajar di SDS Sinar Damai desa Ibul Besar II kecamatan Pemulutan Induk kabupaten Ogan Ilir ?
2.                  Apakah yang menjadi faktor yang mempengaruhi proses belajar mengajar di SDS Sinar Damai desa Ibul Besar II kecamatan Pemulutan Induk kabupaten Ogan Ilir ?



  1. Tujuan Penelitian   
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan :
1.      Untuk mengetahui seberapa penting fasilitas sekolah dalam menunjang proses belajar mengajar di SDS Sinar Damai desa  Ibul Besar II  kegiatan belajar mengajar di kecamatan Pemulutan Induk kabupaten Ogan Ilir.
2.      Untuk mengetahui faktor-faktor apa yang menjadi penunjang dan penghambat di SDS Sinar Damai desa  Ibul Besar II  kegiatan belajar mengajar di kecamatan Pemulutan Induk kabupaten Ogan Ilir.

  1. Pelaksanaan Kegiatan
Penelitian ini dilakukan di desa Ibul Besar II SDS Sinar Damai kecamatan Pemulutan Induk kabupaten Ogan Ilir.

  1. Hasil Penelitian
Berdasrkan surve di lapangan yang saya lakukan selama mengikuti kegiatan KKN saya berkonsentrasi terhadap pendidikan. Disini saya mengangkat fasilitas sekolah sarana prasarana pendidikan sangat mendukung terhadap kegiatan proses pembelajaran dimana dengan adanya fasillitas sekolah yang memadai kegiatan belajar mengajar akan dapat berjalan dengan efektif dan efisien sesuai dengan tujuan yang diharapkan.
Adapun hasil itu meliputi :
1.      Gedung sekolah
2.      Ruang perpustakaan
3.      Tenaga pengajar
Sebelum berbicara langsung kepokok masalah kami akan menguraikan sedikit tentang pendidikan yang ada didesa Ibul Besar II kecamatan Pemulutan Induk kabupaten Ogan Ilir.
Pendidikan umum :
  1. SDS 1 buah
  2. TK/TPA  3 buah
Itulah uraian sedikit tentang sekolah di desa Ibul Besar II kecamatan Pemulutan Induk kabupaten Ogan Ilir.
    1. Gedung sekolah
Dilihat secara umum gedung sekolah yang ada di desa Ibul Besar II sudah memenuhi syarat akan tetapi masih ada kekurangan lokal dan juga keadaan sekolah sudah baik namun sarana prasarana yang ada kurang memadai seperti sekolah, buku-buku sekolah, perpustakaan, media yang digunakan dalam proses belajar mengajar.
Bangku sekolah yang ada di SDS Sinar Damai sudah cukup memadai, namun dilihat dari penerapannya disana setiap murid dalam mengikuti proses belajar mengajar mereka duduk berdua dalam satu meja dan menggunakan kursi panjang. Menurut saya idealnya yaitu setiap murid harus duduk berdua dalam satu bangku.
Dengan duduk berdua dalam satu bangku mudah-mudahan mereka dapat mengikuti proses belajar-mengajar dengan baik. Sehingga proses belajar mengajar tidak dapat brjalan dengan baik dan mereka tidak mengerti apa yang disampaikan oleh guru kalau bercerita dan ngobrol bersama teman sebangkunya.
                

    1. Ruang perpustakaan
Ruang perpustakaan di SDS Sinar Damai desa Ibul Besar II tidak ada padahal sebagai lembaga pendidikan perpustakaan sngat penting karena perpustakaan merupakan ajang kreasi siswa dalam menambah wawasan ilmu pengetahuaan.

    1. Tenaga Pengajar
Guru tenaga pengajar di SDS Sinar Damai desa  Ibul Besar II berjumlah   orang pengajar.  kegiatan belajar mengajar di kecamatan Pemulutan Induk kabupaten Ogan Ilir. Guru merupakan mediator dalam menyampaikan materi pelajaran kepada murid sangat berperan penting bagi kelangsungan menunjang keberhasilan murid dalam menerima keberhasilan pelajaran yang disampaikannya. Dengan kata lain guru harus mempunyai kemampuan mengajar yaitu metodologi, profesionalisme dan hal-hal yang dapat menunjang proses pembelajaran.
Dengan kata lain guru merupakan tulang punggung sekolah suksesnya murid tergantung oleh keprofesionalanya guru dalam mengajar anak didiknya dan justru sebaliknya kegagalan siswa tergantung juga kepada guru.
Adapun faktor-faktor penunjang serta menjadi penghambat dalam proses belajar mengajar di SDS Sinar Damai desa  Ibul Besar II  kegiatan belajar mengajar di kecamatan Pemulutan Induk kabupaten Ogan Ilir adalah:
  1. Faktor Penunjang
Yang menjadi penunjang terlaksananya kegiatan proses belajar dilihat dari segi fasilitas sekolah antara lain :
    1. Adanya kerjasama yang baik antara peserta didik dan guru.
    2. Adanya dukungan penuh semua lapisan masyarakat dalam memotifasi anak nya untuk bersekolah
    3. Adanya minat peserta didik untuk mengikuti proses belajar dengan baik.
  1. Faktor Penghambat
Adapun faktor penghambat dalam proses pembelajaran di SDS Sinar Damai desa Ibul Besar II kecamatan Pemulutan Induk kabupaten Ogan Ilir :
  1. kurangnya sarana prasarana yang memadai : bangku, gedung kelas, gedung perpustakaan.
  2. Kurangnya media pembelajaran seperti buku, poster dan lain-lainnya.
  3. Tingkat ekonomi masyarakat yang rendah
Dengan adanya pendukung dan penghambat dapat diketahui bahwasanya masalah utama dalam proses belajar mengajar di SDS Sinar Damai adalah kurangnya sarana prasarana sebagai penunjang proses belajar mengajar dengan kata lain fasilitas yang ada disana akan lebih baik apabila adanya factor pendukung yang memenuhi syarat oleh sebab itu harus ada kerjasama yang baik antara kepala sekolah  dengan masyarakat, lembaga pemerintah, swasta dan lembaga pendidikan lainnya.
Mudah-mudahan dengan kerjasama yang baik maka proses belajar mengajar akan efektif serta fasilitas-fasilitas yang kurang dapat dipenuhi sehingga akan menunjang proses keberhasilan pendidikan.




  1. Penutup
Dari uraian latar belakang di atas dapat disimpulkan bahwa yang menjadi permasalahan utama adalah kurangnya fasilitas sekolah yang ada di SDS Sinar Damai.
Jadi menurut kesimpulan kami, faktor penghambat dapat diminimalisir dan faktor pendukung harus dioptimalkan. Dengan kata lain faktor pendukung harus berperan aktif dalam menentukan tujuan pendidikan yang diharapkan.dengan manajemen faktor pendukung dengan baik mudah-mudahan factor penghambat dapat berkurang dan teratasi.
Oleh karena itu sekolah harus berperan aktif dalam mengelolah sekolahnya dengan baik agar pelaksanaan pendidikan dapat terjalani dengan baik sehingga anak-anak yang dididik akan menjadi orang yang berkualitas internasional.







                                                            




LAPORAN PRIBADI
KKN IAIN ANGKATAN 52
DESA IBUL BESAR II KECAMATAN PEMULUTAN INDUK
KABUPATEN OGAN ILIR




DISUSUN OLEH
HIKMAWATI ( 0521063)

DOSEN PEMBIMBING LAPANGAN
Drs. Komarudin Sahar

INSTITUT AGAMA ISLAM NEGERI
RADEN FATAH
PALEMBANG
2008


Tidak ada komentar:

Posting Komentar